RSS
Hello! Welcome to this blog. You can replace this welcome note thru Layout->Edit Html. Hope you like this nice template converted from wordpress to blogger.

Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Film I-Robot


Keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer dengan Film I-Robot



manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan. Interaksi manusia dan komputer sendiri merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik.


Sinopsis I-Robot
"I, Robot" menceritakan tentang dunia yang sudah begitu tergantung kepada robot NS 5 yang menjadi asisten rumah tangga. Kata "I" berarti Intelligent, Ideal, Incredible. Produk NS 5 memang dibekali oleh segala kecanggihan robot yang sudah bisa mendampingi manusia melewati segala tugas hari-hari. Para robot ini diikat olah hukum yang melindungi manusia dan membatasi ruang gerak para robot disisi hukum.
Film yang diangkat dari koleksi cerita pendek Isaac Asimov dan diangkat kelayar lebar dibawahan arahan sutradara Alex Proyas yang membidani film "Dark City" dan "The Crow" mempercayakan tokoh utamanya kepada Will Smith Interaksi manusia dan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara sebagai detektif Del Spooner yang menjadi satu-satunya orang yang mengendus ketidakberesan para robot, NS 5, yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia ditahun 2035.
Setelah Dr. Miles Hogenmiller yang bekerja pada perusahaan U.S Robotics yang dikelola oleh Lance Robertson terbunuh, Spooner mencurigai pelakunya adalah robot NS 5. Namun jalan panjang untuk membuktikannya harus ditempuh dan sayangnya, sedikit yang bercaya dengan apa yang diyakini Spooner. Ia hanya mendapat dukungan Dr Susan Calvin, yang merupakan spesialis psikologi robot. Kalau yang dikuatirkan Spooner bahwa para robot punya peluang untuk melakukan tindakan kriminal dan tidak bisa dijerat hukum, berarti dunia terancam akan dikuasai oleh para robot ini.

Keterkaitan Interaksi Manusia dengan Film I-Robot
Keterkaitan pada film ini sangat erat hubungannya antara manusia dan komputer yaitu, robot (komputer) yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, hanya cukup diberikan perintah dengan suara maka robot akan langsung melakukan perintah yang diberikan kepadanya. Robot diprogram dengan banyak kondisi, tergantung inputan yang diberkan kepada robot tersebut. Semakin rumit dan kompleks kondisi yang dibuat atau dimasukkan pada robot, maka robot dapat dikatakan semakin cerdas. Tetapi ada Hukum-Hukum yang terdapat pada robot ini yaitu:
• Satu, mereka tidak bisa melukai manusia atau, memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti.
• Dua, mereka harus melakukan apapun yang diperintahkan oleh manusia selama perintah seperti itu tidak bertentangan dengan hukum satu.
• Tiga, mereka harus mempertahankan diri selama pertahanan seperti itu tidak bertentangan dengan undang-undang satu atau dua.
Dampak positifnya dari kemajuan teknologi robot adalah memudahkan pekerjaan manusia, menjadi lebih efisien dan kompetitif.
Dampak negatifnya adalah ketika sistem sedang kacau, maka akan membawa efek pada manusia. Seperti sistem yang berjalan pada robot tadi, mereka sudah diprogram dan sudah diberi hukum, tetapi jika ada orang yang ingin memanfaatkan demi kepentingan pribadi seperti merubah program yang sudah tertanam pada robot tersebut maka dapat memberikan kekacauan.


http://www.indosiar.com/sinopsis/3101/i-robot
http://en.wikipedia.org/wiki/I,_Robot_(film)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 just for fun. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy