RSS
Hello! Welcome to this blog. You can replace this welcome note thru Layout->Edit Html. Hope you like this nice template converted from wordpress to blogger.

Budiday Tanaman Bonsai


BUDIDAYA TANAMAN BONSAI



Dalam bahasa jepang, bonsai berarti :tanaman di pot”. Biasanya akan berasosiasi denngan sebuah miniature pohon yang ditanam didalam pot atau container. Pohon yang di bonsai umumnya berupa pohon berkayu (misalnya pohon beingin, dll) atau pohon buah-buahan dan kadang berupa pohon bunga. Bonsai yang baik data diletakkan diluar pekarangan sepanjang tahun.
Efek artistic dari bonsai dilihat dari keseimbangan dalam ukuran batag, daun, rantunng bungan atau buah dan pot yang digunakan. Pot yang dipakai haruslah yang mendukung suasana pohon yang ditanam.

Ukuran Bonsai
Bonsai di “Foire du Valais”, Swiss, 2005. Ada 4 ukuran bonsai yang biasa dipakai, yaitu miniature, kecil, sedang, dan rata-rata.
•Miniatur
Biassanya berukkuran tinggi sekitar 5 cm. Umumya bonsai miniature disiapkan dalam waktu 5 tahun.
•Kecil
Biasanya mempunyai tinggi antara 5-15cm, dan memerlukan persiapan sekitar 5-10 tahun.
•Sedang
Mempunyai tinggi antara 15-30 cm.
•Rata – rata
Mempunyai tinggi 60 cm dengan waktu persiapan ekitar 3 tahun.

Cara Membonsai
Tanaman atau pohon yang dikerdilkan dengan cara memotong akar dan rantingnya. Pohon dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Kawat harus diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut.


Jenis Tanaman Bonsai
Bosai Sentigi
Ada beberapa fovorit jenis tanaman yang biasa digunakan oleh pebonsai sebagai syarat dasar tanaman bonsai. Diantaranya adalah jeruk kikit, asem jawa, beringin dan sentigi. Sentigi memunyai daya tahan lebih baik untuk proses pembentukan bonsai dibandikan jenis lainnya.

Bonsai Adenium
Pada awalnya bonsai ini disukai karena warna bunganya beraneka ragam, yaitu merah, pink, ungu dan putih dengan hiasan corak atau strip disetiap petalnya pun cukup memikat. Bonsai adeium terlihat memikat karena bentuk bonggol dan akarnya yang unik.
Bonsai adenium juga mengandung tiga elemen dasar, yaitu komposisi, keseimbangan dan perspektif. Semua elemen tersebut harus menyatu secara seimbang dan selaras untuk menampilkan kesan yang indah dan alami.
Bonsai adenium merupakan karya yang cukup mengagumkan dengan beragam ukuran, mulai dari kecil, sedang, besar hingga jumbo. Ukuran bonsai adenium tersebut diukur dari pangkal hingga ujung batang.

Membentuk Bonsai dengan Bonggol dan Bakalan Unik

Membentuk bonggol unik pada bonsai bias dilakukan dengan beberapa cara, yaitu membentuk akar lebih cantik, membuat akar menyebar , membentuk akar seperti kuku macan, membentuk akar lebih besar, mmbuat akar tampil unik dan membuat akar in the rock.
Dalam proses pembentukan bonggol yang unik perlu ditunjang beberapa bahan dan alat bantu. Berikut beberapa bahan dan alat yang diperlukan dalam membentuk bonggol yang unik, yaitu;
1.Pot.
Pot bnsai biasanya terbuat dari tanah liat, cetakan semen atau keramik/porspen.
2.Media tanam.
Digunakan sebaai media tumbuh bonsai.
3.Pisau
Digunakan untuk memotong bonggol.
4.Saput atau kaos kecil.
Digunakan media yang melekat di akar dan tercecer dibibit pot.
5.Sumpit yang dibuat dari bambu atau kayu.
Digunakan unttuk memadatkan media tanam agar tidak ada rongga-rongga kosong diantara akar.
6.Kawat ram berlubang lembut.
Digunkan utuk menutup lubang dibawah pot.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 just for fun. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy