RSS
Hello! Welcome to this blog. You can replace this welcome note thru Layout->Edit Html. Hope you like this nice template converted from wordpress to blogger.

Hubunngan antar Konflik dan Solusi


HUBUNGAN ANTARA KONFLIK, KEPUTUSAN DAN SOLUSI

Dalam sebuah organisasi kadang kala terdapat sebuah konflik yang terjadi antara orang-orang yang berada disekitar. Konflik yang idak dikelola dapat merusak lingkungan dan hubungan antara sesama individu. Konflik harus segera diupayakan agar kembali terjadi hubungan yang rukun antara sesama individu.

Akibat dari konflik yang terjadi, yaitu:
•Dapat mengganggu keseimbangan sumber daya.
•Dapat berpengaruh pada perubahan hubungan baik antar individu
•Terciptanya kerenggangan suatu hubungan, akibat konflik yang terjadi.

Berbagai macam konflik yang terjadi:
Konflik antar pribadi
Konflik antar individu, adalah konflik social yang melibatkan individu di dalam konflik tersebut. Konflik ini terjadi karena adanya perbedaan atau pertentangan atau juga ketidak cocokan antara individu satu dengan individu lain. Masing-masing individu bersikukuh mempertahankan tujuannya atau kepentinganya masing-masing.

Konflik antar etnik
Etnik atau suku bangsa, biasanya memiliki berbagai kebudfayan yang berbeda satu dengan lainnya. Sesuatu yang dianggap baik atau sacral dari suku tertentu mungkin tidak demikian halnya bagi suku lain. Perbedaan etnis tersebut dapat menimbulkan terjadinya konflik antar etnis.

Konflik antar agama
Keyakinan dalam agama adalah keyakinan yang bersifat mutlak, artinya tan[a pembanding. Beda dengan ilmu pengetahuan kebenarannya bersifat relative. Jika ditemukan teori baru dan menyangkal teori lama, maka teori lama akan diganti dengan teori baru. Agama tidak demikian kebenaran bersifat mutlak dengan mrnrrima ajaran agama tersebut dengan keyakinan bahwa apa yang diajarkan dalam agama adalah benar.

Konflik Antar Golongan atau Kelas Sosial
Konflik yang terjadi antar kelas social biasanya berupa konflik yang bersifat vertical; yaitu konflik antara kelas atas dan kelas social bawah. Konflik ini terjadi karena kepentingan yang berbeda antara dua golongan atau kelas social yang ada.

Konflik atar Ras
Ras atau warna kulit merupakan cirri yang dibawa suatu masyarakat sejak lahir. Merreka hidup dalam suatu komunitas dan mengembangkan berbagai kesadaran kelompok dan solidaritas diantara mereka. Oleh karena itu konflik yang terjadi karena perbedaan warna kulit dapat meluas karena adanya solidaritas diantara mereka yang memiliki warna kulit sama.
Konflik antar Ras biasanya sukar dipisahkan dari konflik antar suku, karena biasanya akan berimbas pada suku dengan kulit yang sama diantara mereka.

Konflik antar Negara
Konflik antar Negara adalah konflik yang terjadi antara dua Negara atau lebih. Mereka memiliki perbedaan tujuan Negara dan berupaya memaksakan kehendak negaranya kepada Negara lain. Perang dingin dahulu antara Blok Timur (Negara Uni Soviet) dan sekutunya dan Negara Barat Amerika dan Sekutunya merupakan konflik antar Negara sebelum pecahnya negaram Uni Soviet.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 just for fun. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy