RSS
Hello! Welcome to this blog. You can replace this welcome note thru Layout->Edit Html. Hope you like this nice template converted from wordpress to blogger.

Dampak dari Konflik dan Solusi Organisasi


DAMPAK DARI KONFLIK DAN SOLUSI PADA ORGANISASI



Timbulnya konflik atau perselisihan dalam suatu organisasi, merupakan hal yang biasa dan merupakan lanjutan dari adanya komunikasi dan informasi yang tidak menemui sasarannya. Suatu pemahaman akan konsep sebuah konflik telah menjadi bagian dalam studi perilaku organisasi, oleh sebab itu perlu dipahami degan baik apa yang terjadi di dalam kehidupan pada sebuah organisasi.

Konflik mrupakan suatu pertarunngan menang atau kalah antara seseorang yang memiliki kepetingan yang berbeda satu sama lain dalam sebuah atau lebih organisasi. Setiap konflik yang terjadi dalam kehidupan berorganisasi pasti memiliki solusi umtuk memperbaiki masalah yang terjadi. Dalam segi positif konflik, dapat diartkan sebagai masukkan untuk membuat organisasi tersebut agar lebih berkembang dan berjalan sesuai tujuan organisasi tersebut inginkan.

Dalam segi negatif, konflik akan berpengaruh sangat buruk bagi organisasi. Salah satunya dapat membuat suasana kerja antar individu memanas atau renggang. Mulai dari dampak tersebut organisasi akan terpuruk dan mungkin akan menghambat kinerja suatu organisasi sehingga organisasi tidak dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah dibuat pemimpin organisasi tersebut.

Didalm organisasi terdapat 4 bidang structural, dan pada bidang itulah konflik sering sekali terjadi, yaitu:
1.Konflik Hirarkis, adalah konflik antara berbagai tingkatan organisasi.
2.Konflik Fungsional, konfllik antara berbagai bidang fungional suatu organisasi.
3.Konflik lini-staf, adalah konflik atara lini dan staf organsasi.
4.Konflik formal informal, adalah konflik antar organisasi formal dan antar organisasi informal.

Setiap konfllik pasti memiliki solusi. Salah satu solusi yang memungkinkan terpecahnya suatu masalah adalah merenungkan masalah yang terjadi, membuat kesimpulan dari permasalahan tersebut dengan kesepakatan antara individu yang bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 just for fun. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy