RSS
Hello! Welcome to this blog. You can replace this welcome note thru Layout->Edit Html. Hope you like this nice template converted from wordpress to blogger.

ARTI PENTING ORGANISASI & METODE


ARTI PENTING ORGANISASI & METODE

Arti Penting Organisasi

Beberapa pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar adalah :
• Adaptif pada lingkungan eksternal
• Terus-menerus meningkatkan kapabilitas untuk berubah
• Mengembangkan kemampuan belajar secara individual dan kolektif
• Menggunakan hasil belajar untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Proses belajar tim/organisasi akan efektif jika para pekerja mampu melakukan proses belajar mandiri-yang merupakan proses yang dilalui oleh setiap pekerja untuk meningkatkan kualitas kompetensi individualnya-kemudian dilanjutkan dengan proses transformasi pengetahuan para pekerja menjadi pengetahuan organisasi.

Jadi, menurut pendapat saya organisasi belajar adalah kemampuan suatu organisasi untuk meningkatkan kualitas kinerja para anggotanya agar dapat secara terus menerus belajar dan mengembangkan potensinya di tempat dimana dia bernaung. segi berpikir sistematik (systems thinking), penguasaan pribadi (personal mastery), model mental (mental models), dan membangun visi bersama (building shared vision) sangatlah penting dalam organisasi belajar.

Bentuk Organisasi Niaga

Dalam proposal kelompok saya menggunakan bentuk organisasi niaga Perseroan Terbatas (PT). Mengapa dikategorikan menjadi bentuk PT ? Karena perusahaan kami memiliki badan hokum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Perusahaan kami juga membutuhkan modal dan ukuran yang besar. Kelangsungan hidup PT ada dalam tangan pemilik saham. Mudah mencari tenaga kerja / pegawai. Memiliki tanggungan pajak, pajak berganda pada pajak penghasilan / pph, dan pajak deviden.

Bentuk Struktur Organisasi

Struktur organisasi sebuah perusahaan merupakan manifestasi dan cerminan dari kekuatan manajemen SDM perusahaan dalam mencapai misivisi bisnis perusahaan.
Struktur organisasi perusahaan yang tepat, efektif, dan efisien akan memberikan jaminan kinerja perusahaan yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Jika desain struktur organisasi tidak optimal, akan mengakibatkan efek berantai terhadap lemahnya kinerja organisasi perusahaan, meskipun sekarang setiap organisasi sudah maju tetap saja perusahaan harus memiliki struktur organisasi.

Agar semuanya dapat tetap terkontrol dan terkendali, sekaligus memperjelas harapan mengenai apa yang harus dikerjakan, membagi pekerjaan untuk menghindari kerangkapan, usaha yang sia-sia,konflik,dan penyalahgunaan sumber daya. Sebagai suatu sistem, organisasi akan berinteraksi dengan lingkungannya.

Apabila ingin hidup dan bertahan, organisasi tersebut harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kegagalan menyesuaikan diri terhadap lingkungan akan berakibat fatal.

Organisasi akan mati. Jika kekuatan lingkungan tidak dapat diubah, ada baiknya organisasiperusahaan menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Proses penyesuaian dapat dilakukan secara formal dalam manajemen atau perencanaan strategi.

Dalam perencanaan tersebut, pimpinan perusahaan menetapkan tujuan, mengevaluasi lingkungan, dan kemudian menentukan strategi yang tepat. Penyesuaian lain dapat dilakukan dengan mengubah organisasi, struktur, dan desainnya. Organisasi dengan lingkungan yang stabil akan lebih cocok menggunakan desain organisasi yang memaksimumkan efisiensi. Sebaliknya, jika organisasi berada pada lingkungan yang dinamis, diperlukan desain organisasi yang fleksibel.

Struktur juga perlu dibentuk berdasarkan “peran” pemasaran di dalam organisasi. Kalau peran fungsi pemasaran di dalam organisasi perusahaan hanya ingin sebagai memasarkan, struktur disusun untuk fokus dalam memasarkan produk perusahaan yang efisien dan efektif. Memilih desain organisasi perusahaan mesti mempertimbangkan keselarasan struktur dengan lingkungan.

Yang ideal adalah yang selaras dengan strategi perusahaan. Misal, jika strategi perusahaan ingin menjadi produsen yang inovatif dengan pengembangan produk baru yang cepat, maka struktur desainnya harus dirancang agar kerja sama antartim dalam pengembangan produk baru harus terjalin dengan kuat. Peran job description adalah memberikan informasi mengenai peran dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh setiap karyawan.

Dengan job description inilah, desain organisasi dijalankan.Tanpa job descriptionyang jelas,desain dan struktur organisasi akan kosong dan tidak bisa jalan. Struktur organisasi yang birokratis dan hierarki yang terlalu panjang, akan menumbuhkan budaya organisasi yang kurang sehat seperti proses pengambilan putusan yang lamban dan tidak responsif. Demikian juga struktur organisasi yang terlalu kaku memisahkan antar bagian,sehingga komunikasi antarbagian menjadi macet. Hubungan koordinasi dan kerja sama antar pegawai dan antar bidang akan macet.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 just for fun. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy